Setiawan Eko Wardany

Sabtu, 25 Desember 2010

Word Lens, Aplikasi Terjemahan 'Ajaib' Via Kamera Dari iPhone

SIDNEY (Berita SuaraMedia) - Aplikasi menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah smartphone di pasar ponsel masa depan. Tanpa aplikasi pendukung yang memadai maka calon pembeli akan berpikir ulang untuk membeli handset tersebut.

Aplikasi yang dikembangkan pun diharapkan sebisa mungkin dapat membantu aktivitas penggunanya, seperti aplikasi terjemahan bahasa. Banyak aplikasi terjemahan bahasa, namun salah seorang pengembang aplikasi iPhone, membuat sebuah aplikasi terjemahan yang berbeda dengan aplikasi terjemahan konvensional.

Selama ini aplikasi terjemahan yang ada umumnya dilakukan dengan proses teks. Seorang pengguna menginput teks dan kemudian menterjemahkannya ke berbagai bahasa yang diinginkan pengguna.

Namun aplikasi Word Lens untuk platform iPhone 4 yang dikembangkan oleh Otavior Good, warga Australia ini menerjemahkan bahasa melalui kamera iPhone. Tujuannya untuk membantu agar seorang turis tak tersesat di luar negeri.

Ketika anda sedang jalan-jalan ke luar negeri, terutama ke negara yang menggunakan bahasa yang tidak kita mengerti, seringkali kita kesulitan untuk membaca informasi yang ada, seperti arah jalan dan lainnya bukan?. Nah, untuk inilah sejatinya aplikasi ini diciptakan.

Seperti diberitakanr Newscom, seorang pengguna cukup mengambil gambar menggunakan kamera dan menterjemahkan kata yang ada di gambar. Semisal keterangan mengenai petunjuk di bandara udara, atau papan-papan iklan di jalan. Setelah memasukan gambar maka Word Lens akan mengubah teks yang ada dalam gambar ke dalam bahasa yang diinginkan.

"Beberapa tahun yang lalu saya berada di negara lain, dan ada petunjuk yang saya tidak bisa membaca dan saya berpikir, Mengapa tidak ponsel saya saja yang melakukan ini? "," Kata Otavior.

"Jadi saya memutuskan untuk membuat penerjemah." tambah Otavior.
Word Lens bisa digunakan walaupun pada saat offline, artinya anda tidak perlu kuatir akan biaya GPRS/ 3G yang selalu kita kuatirkan pada saat berada di luar negeri.
Sayangnya Word Lens ini baru bisa menerjemahkan bahasa Spanyol ke Inggris atau sebaliknya tetapi ini sebuah permulaan, keren banget nih, nonton aja videonya, pasti anda tercengang.
Otavior membanderol aplikasi terjemahan tersebut senilai USD5,99 setiap bahasa. Namun kini baru tersedia untuk bahasa Inggris dan Spanyol.

Source: www.suaramedia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger
SETIAWAN EKO WARDANY | SMA NEGERI 1 KEBUMEN | XI IPA 2 | 14622 | Cp: setiawan.wardany@hotmail.com